Sabtu, 16 April 2011

GAME LABIRIN 2D - J2ME

Games atau dalam Bahasa Indonesia yaitu permainan. Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Suatu game dahulu pasti identik dengan anak-anak, dalam benak kita games merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang bagi mereka merupakan kegiatan yang menyenangkan. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Sejalan dengan makin membanjirnya para penggemar game ini, teknologi piranti lunak untuk permainan ini pun berkembang kian pesat. Dari sekadar video game berbasis PC atau TV yang dimainkan sendiri atau secara bersama.
Pada masa sekarang ini, video game yang berbasis PC atau handphone sangatlah banyak. Akan tetapi pada video game berbasis PC, kita hanya bisa memainkannya di satu tempat tanpa bisa berpindah ketempat yang lain pada saat yang bersamaan. Sedangkan video game berbasis Handphone, kita bisa mengefesiensi waktu. Kita bisa memainkan video game dimana saja dan kapan saja. Hanya saja kekurangan nya pada tekstur warna dan resolusinya yang kurang bagus disbanding PC. Walaupun demikian tidak mengurangi jumlah pemakai video game di Handphone. Oleh karena itu, perkembangan jumlah game handphone bisa mencapai ribuan dan dari sekian banyak game tersebut banyak yang menggunakan Java (J2ME).
Berawal dari latar belakang masalah tersebut, maka saya mencoba memberi peranan dalam industry game dalam handphone. Dalam makalah ini, penulis akan membahas “game labirin” beserta tata cara untuk membuat game tersebut dengan menggunakan aplikasi J2ME.
Secara umum, pembuatan aplikasi permainan ini dibagi menjadi empat tahap, yang terdiri dari :

1. Membuat rancangan permainan Labirin.
2. Pembuatan diagram alur (flowchart) program yang akan menggambarkan aliran dan arah jalannya program yang akan dibuat.
3. Pembuatan program. Pada tahap ini penulis akan membuat kode program berdasarkan kedua tahap sebelumnya untuk di implementasikan pada ponsel
4. Uji coba program. Pada tahap ini kode program yang telah dibuat pada tahap sebelumnya akan dieksekusi dan dijalankan untuk menganalisa kesesuaiannya dengan ketiga tahap awal yang dilakukan (eksekusi melakukan NetBeans 6.8).

Rancangan Umum Permainan
Permainan Labirin ini adalah suatu jenis permainan yang terlihat sederhana namun mempunyai banyak teka-teki logika untuk menyelesaikannya. Dimana tampilannya dua dimensi (panjang dan lebar), hanya dapat dilihat dari satu sudut perspektif. Tampilan grafiknya berupa background bewarna cream dan sekat bewarna hijau yang membatasi pemain untuk keluar dari lika-liku jalan setapak yg diberikan. Permainan ini dapat dilakukan maksimal 1 pemain.
Aturan permainannya adalah pertama pemain mengawali perjalanannya dari pojok kiri atas, pemain harus melewati beberapa rintangan jalan-jalan buntu untuk sampai ke pojok kanan bawah sebagai pintu keluar dan permainan pun akan selesai.
Apabila sudah tiba di pojok kanan bawah atau tempat keluarnya, pemain dapat melanjutkan permainan ke level berikutnya atau pemain dapat mengakhiri permainan dengan keluar dari applikasi tersebut.

Pembuatan Program
Pada pemrograman java (J2ME), setiap fungsi yang ingin dibuat harus dituliskan didalam sebuah kelas, karena pada dasarnya J2ME menganut prinsip pemrograman OOP (object oriented programming). Pada pembuatan aplikasi permainan Labirin ini, penulis membagi fungsi yang terdapat dalam aplikasi ini kedalam beberapa kelas (java kelas), dimana setiap kelas dibuat berdasarkan karakteristik layar yang dipergunakan dalam aplikasi. Dengan kata lain, setiap layar yang ada dibangun dari kelas tersendiri, dalam permianan ini terdapat 4 kelas,yaitu canvas_labirin.java,game_labirin.java,pilih.java,pola_gambar.java.

Uji Coba
Uji coba program merupakan hal paling akhir yang dilakukan saya dalam membangun aplikasi permainan Labirin ini. Pada bagian ini penulis mencoba untuk menguji apakah program yang dibuat telah sesuai dengan rancangan awal yang dibuat, dan jalannya program telah sesuai dengan alur yang diharapkan. Untuk menjalankan program, saya menggunakan Netbeans IDE 6.8, pastikan semua Aplikasi emulator yang dibutuhkan terinstal.

Uji Coba Menggunakan Netbeans IDE 6.8
Pertama buat masing2 class dengan meng klik menu icon pada menu bar.akan muncul kotak pilihan project atau choose project. Pilihlah Java 2ME lalu pilih Mobile Application lalu next.Setelah pilih next akan muncul tampilan name and location untuk memberikan nama project dan menempatkannya sesuai folder yang kita inginkan.Masukkan project name dengan Aplikasi Labirin 2D dan hilangkan tanda centang pada create Hello MIDlet di bagian bawah.Klik Finish.Setelah langkah awal membuat project selesai, kita awali dengan membuat MIDlet.Untuk membuat MIDlet caranya klik kanan pada project kita (Aplikasi Labirin 2D) kemudian pilih new >> MIDlet.Setelah di klik akan muncul tampilan name and location yaitu untuk memasukkan nama MIDlet yang akan kita buat dan meletakkan di drive yang kita inginkan.Untuk aplikasi labirin ini masukkan game_labirin di MIDlet name.Klik Finish.Setelah membuat MIDlet, untuk membuat aplikasi labirin 2D ini diperlukan beberapa class, yaitu canvas_labirin, pilih, dan pola_gambar.
Kemudian Lakukan Build project tersebut. Apabila berhasil maka akan muncul statement BUILD SUCCESSFUL (total time: 2 seconds). Setelah berhasil di build pilih run dan game tersebut bisa dimainkan.

Berikut ini ialah tampilan game Labirin 2D saat dimainkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar