Rabu, 03 Maret 2010

GAME TECHNOLOGY

Apa sih game itu ??!!!?

hmm....

game itu diambil dari bahasa inggris yang artinya permainan. Di dalam era perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti permainan catur, kartu dan lain-lainnya dapat kita temukan melalui dunia virtual atau yang kita biasa mainkan di komputer. Dengan pesatnya perkembangan teknologi game, maka saat ini muncullah bergbagai macam saran permainan seperti Nintendo, Playstation, Xbox, maupun dari PC yang berbasis individu atau multiplayer.

Kita flashback sedikit, sebelum munculnya permainan game di komputer, perkembangan teknologi dunia dikejutkan dengan munculnya televisi interaktif oleh Ralph Baer ketika ia bekerja di Loral Electronics di Bronx, New York. Karena desain televisi tersebut ditolak, dia tetap melanjutkan usahanya hingga 15 tahun kemudian. Tahun 1952, seorag mahasiswa Universitas Cambridge bernama A.S Gouglas mengembangkan sebah permainan OXO², sebuah grafik dari bulat dan silang(tic-tac-toe) ketika ia hendak mendemonstrasikan tesisnya tentang Interkasi Manusia Komputer.Dan pada saat itu, permainan OXO² adalah sebuah permainan yang pertama kalinya dimainkan di sebuah komputer.

Bicara tentang game,ada banyak genre-genre dalam game itu sendiri diantaranya :

aksi-shooting(tembak-tembakan, bantai-bantaian, bunuh-bunuhan dll tergantung jalan ceritanya looh)

video game ini memerlukan kecepatan refleks,koordinasi mata-tangan juga timing. Contoh game nya seperti Virtual Cop,Counter Strike,Call of Duty, dll.

edugames(education games)

klo game jenis ini lebih mengutamakan pendidikan.Jenis game ini biasanya ditujukan kepada anak-anak atau balita, Seperti belajar mengenal angka, huruf, dll.

Contoh game ini seperti Dora The Explorer, Petualangan Billy.

multiplayer online

naaah.. klo jenis game ini pasti kalian udah pada tau semua.yupz... Game ini lagi trend banget di Indonesia,bahkan mungkin di dunia(sok tau bgd yee). Game ini dimainkan secara Online, dan terdiri dari beberapa pemain atau lebih(bahkan sampai ribuan) disaat yang bersamaan. Contoh game ini seperti Ragnarok Online, Perfect World, Point Blank, dll.

Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang game "kartu heart". Game ini pasti ada di stiap PC atau laptop kalian, bukan begitu bukan ???(tetapi mungkin versinya berbeda-beda).

Permainan kartu Hearts merupakan salah satu dari permainan kartu yang disebut Trick-Taking. Objek permainan ini berbasis pada ronde atau trick dimana pada tiap ronde setiap pemain memainkan satu kartu dari tangan dan berdasarkan nilai dari kartu yang dimainkan salah satu pemain menang atau take ronde tersebut.

Permainan kartu Hearts ini didasarkan pada Algoritma Greedy dimana setiap langkah dapat diterapkan pada permainan Trick-Taking yang bersifat ronde. Prinsip permainan kartu Hearts adalah mendapatkan penalti dengan nilai sesedikit mungkin pada akhir setiap permainan. Permainan secara keseluruhan akan berakhir pada saat salah satu pemain mencapai poin penalti tertentu. Pemain yang mendapatkan poin penalti paling sedikit, maka dialah pemenangnya.

Pada saat memulai permainan ini, terdiri dari 4 pemain dan terdiri dari 52 kartu remi. Maka masing-masing pemain akan mendapatkan 14 kartu.Apabila jumlah pemain hanya berjumlah tiga, maka kartu Two of Clubs atau Two of Diamonds dikeluarkan sebelum memulai permainan ini dan setiap pemain akan mendapat 17 kartu. Dan jika jumlah pemain sebanyak 5 orang, maka kartu tersebut di atas dikeluarkan keduanya dan pemain mendapat 10 kartu.

Disini terdapat 2 fase dimana prinsip Greedy diterapkan di dalamnya. Yang pertama ialah dase passing card dan kedua ialah fase permainan.Fase passing card merupakan fase awal dimana pemain dapat memulai menentukan strategi yang akan digunakan dalam permainan. Algoritma Greedy yang diterapkan bertujuan untuk memenangkan memenangkan permainan Hearts dengan cara paling aman,yaitu dengan cara memberikan kartu penalti paling besar dari tangan dengan harapan kartu tersebut akan dimainkan oleh pemain lain dan berakibat pada permainan tersebut memenangkan trick pada saat kartu itu dimainkan.Untuk fase permainan, pada saat passing card telah dilewati maka fase selanjutnya adalah memainkan kartu pada setiap trick. Algoritma Greedy yang digunakan disini bertujuan untuk memenangkan permainan Hearts dengan cara berusaha untuk tidak memenangkan satupun trick dalam permainan. Strategi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan kartu tertinggi yang paling mungkin dengan tidak memenangkan trick.

Penerapan Algoritma Greedy dalam permainan kartu Hearts belum dapat memberikan hasil yang optimal, Algoritma Greedy gagal pada bagian akhir fase permainan dimana pemain dipaksa untuk mendapatkan lead untuk setiap trick yang tersisa sehingga mengakibatkan pemain tidak dapat memenangkan permainan.Strategi Greedy lebih baik dibuat dengan memperhitungkan jumlah kartu yang tersisa di tangan masing-masing pemain sehingga dapat mencegah terjadinya lead pada bagian akhir permainan.

Untuk lebih jelasnya lagi,silahkan kalian mainkan sendiri game tersebut di PC anda tergantung anda mau dimana memainkannya. Okaii?? hhhee..

Sumber :

· http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=12&submit.y=16&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fjdkv%2F2008%2Fjiunkpe-ns-s1-2008-42404096-11225-gatra_narya-chapter2.pdf

· http://www.informatika.org/~rinaldi/Stmik/2009-2010/Makalah2009/MakalahIF3051-2009-016.pdf

· http://www.gamexeon.com/forum/console-gaming/57020-jenis-jenis-game-sekitar-kita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar